Cara Membuat Game Ular dengan Python - Coding Center

728x90 AdSpace

Followers

Trending
Thursday, December 29, 2022

Cara Membuat Game Ular dengan Python




Tentu kita pernah memainkan game ular pada saat kecil, mungkin anak-anak 90an pada masanya menggunakan HP nokia ya hehe. Dalam kesempatan kali ini saya akan membagikan “Bagaimana cara membuat game ular dengan python”.

Saya asumsikan kalian sudah paham tentang dasar-dasar python. Dan pastikan di laptop kalian sudah terinstall python ya, disini penulis menggunakan python version 3.8 dan sudah terinstall pip.

Sebelum kita memulai, berikut ini adalah list materi yang akan kita bahas :

  1. Install Pygame

  2. Membuat Layar

  3. Membuat Ular

  4. Menggerakan ular

  5. Menambahkan game over

  6. Membuat Makanan

  7. Menambah panjang ular

  8. Menambahkan Score

 

Install Pygame

    Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah install pygame dengan perintah :

pip install pygame

Sebelum melakukan coding game ular, berikut ini adalah sedikit penjelasan beberapa fungsi yang digunakan di dalam coding .

  •   init() : Digunakan untuk melakukan inisialisasi modul pygame.
  • display.set_mode() : Digunakan untuk melakukan set tupple parameter
  • update() : Digunakan untuk update screen
  • quit() : Digunakan untuk Uninitialize program
  • set_caption() : Digunakan untuk set caption di header 
  • event.get() : Mengembalikan list semua event
  • Surface.fill() : Digunakan untuk merubah warna
  • time.Clock() : Untuk melakukan timer
  • font.SysFont() : Digunakan untuk set font

Membuat Layar

    Untuk membuat layar menggunakan pygame, perlu menggunakan fungsi display.set_mode(), selain itu fungsi init() diperlukan diawal coding serta fungsi quit() digunakan untuk menandakan akhir dari coding. Fungsi update() digunakan untuk memperbaharui setiap ada perubahan. Berikut ini adalah kode yang digunakan untuk membuat layar:
import pygame
pygame.init()
dis=pygame.display.set_mode((400,300))
pygame.display.update()
pygame.quit()
quit()
OUTPUT :




Jika kode diatas langsung dijalankan, maka window akan terbuka dan kemudian tertutup kembali, dikarenakan belum ada tambahan game loop. Untuk memeperbaiki kode diatas maka kode membuat layar perlu dirubah menjadi:
import pygame
pygame.init()
dis=pygame.display.set_mode((400,300))
pygame.display.update()
pygame.display.set_caption('Snake game by Edureka')
game_over=False
while not game_over:
    for event in pygame.event.get():
        print(event)   #prints out all the actions that take place on the screen
 
pygame.quit()
quit()

Sekarang layar sudah selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat objek ular nya.

Membuat Ular

Untuk membuat ular, pertama-tama saya akan menginisialisasi beberapa variabel warna untuk mewarnai ular, makanan, layar, dll. Skema warna yang digunakan di Pygame adalah RGB yaitu “Red Green Blue”. Jika Anda menyetel semua ini ke 0, warnanya akan menjadi hitam dan semua 255 akan menjadi putih. Jadi ular kita akan menjadi persegi panjang. Untuk menggambar persegi panjang di Pygame, Anda bisa menggunakan fungsi bernama draw.rect() yang akan membantu Anda menggambar persegi panjang dengan warna dan ukuran yang diinginkan.

 import pygame

pygame.init()
dis=pygame.display.set_mode((400,300))
 
pygame.display.set_caption('Snake game by Edureka')
 
blue=(0,0,255)
red=(255,0,0)
 
game_over=False
while not game_over:
    for event in pygame.event.get():
        if event.type==pygame.QUIT:
            game_over=True
    pygame.draw.rect(dis,blue,[200,150,10,10])
    pygame.display.update()
pygame.quit()
quit()

OUTPUT :


  Menggerakan ular

Untuk menggerakan ular dapat menggunakan event KEYDOWN yang ada di pygame class. Event yang digunakan disini adalah K_UP,K_DOWN,K_RIGHT, dan K_LEFT untuk membuat ular bergerak keatas, kebawah, kekanan dan kekiri.

import pygame
 
pygame.init()
 
white = (255, 255, 255)
black = (0, 0, 0)
red = (255, 0, 0)
 
dis = pygame.display.set_mode((800, 600))
pygame.display.set_caption('Snake Game by Edureka')
 
game_over = False
 
x1 = 300
y1 = 300
 
x1_change = 0       
y1_change = 0
 
clock = pygame.time.Clock()
 
while not game_over:
    for event in pygame.event.get():
        if event.type == pygame.QUIT:
            game_over = True
        if event.type == pygame.KEYDOWN:
            if event.key == pygame.K_LEFT:
                x1_change = -10
                y1_change = 0
            elif event.key == pygame.K_RIGHT:
                x1_change = 10
                y1_change = 0
            elif event.key == pygame.K_UP:
                y1_change = -10
                x1_change = 0
            elif event.key == pygame.K_DOWN:
                y1_change = 10
                x1_change = 0
 
    x1 += x1_change
    y1 += y1_change
    dis.fill(white)
    pygame.draw.rect(dis, black, [x1, y1, 10, 10])
 
    pygame.display.update()
 
    clock.tick(30)
 
pygame.quit()
quit()

 Menambahkan game over

Dalam permainan ular ini, jika pemain mengenai batas layar, maka dia kalah. Untuk menentukannya, saya telah menggunakan pernyataan 'if' yang menentukan batas koordinat x dan y ular menjadi kurang dari atau sama dengan layar. Juga, perhatikan di sini bahwa saya telah menghapus hardcode dan menggunakan variabel sebagai gantinya sehingga menjadi mudah jika Anda ingin membuat perubahan apa pun pada game nanti.

import pygame
import time
pygame.init()
 
white = (255, 255, 255)
black = (0, 0, 0)
red = (255, 0, 0)
 
dis_width = 800
dis_height  = 600
dis = pygame.display.set_mode((dis_width, dis_width))
pygame.display.set_caption('Snake Game by Edureka')
 
game_over = False
 
x1 = dis_width/2
y1 = dis_height/2
 
snake_block=10
 
x1_change = 0
y1_change = 0
 
clock = pygame.time.Clock()
snake_speed=30
 
font_style = pygame.font.SysFont(None, 50)
 
def message(msg,color):
    mesg = font_style.render(msg, True, color)
    dis.blit(mesg, [dis_width/2, dis_height/2])
 
while not game_over:
    for event in pygame.event.get():
        if event.type == pygame.QUIT:
            game_over = True
        if event.type == pygame.KEYDOWN:
            if event.key == pygame.K_LEFT:
                x1_change = -snake_block
                y1_change = 0
            elif event.key == pygame.K_RIGHT:
                x1_change = snake_block
                y1_change = 0
            elif event.key == pygame.K_UP:
                y1_change = -snake_block
                x1_change = 0
            elif event.key == pygame.K_DOWN:
                y1_change = snake_block
                x1_change = 0
 
    if x1 >= dis_width or x1 < 0 or y1 >= dis_height or y1 < 0:
        game_over = True
 
    x1 += x1_change
    y1 += y1_change
    dis.fill(white)
    pygame.draw.rect(dis, black, [x1, y1, snake_block, snake_block])
 
    pygame.display.update()
 
    clock.tick(snake_speed)
 
message("You lost",red)
pygame.display.update()
time.sleep(2)
 
pygame.quit()
quit()

 Membuat makanan

Di sini, saya akan menambahkan beberapa makanan untuk ular itu dan ketika ular itu melintasi makanan itu, saya akan membuat pesan di console yang berbunyi “Yummy!!”. Selain itu, saya akan membuat perubahan kecil di mana saya akan menyertakan opsi untuk keluar dari game atau bermain lagi saat pemain kalah.

import pygame
import time
import random
 
pygame.init()
 
white = (255, 255, 255)
black = (0, 0, 0)
red = (255, 0, 0)
blue = (0, 0, 255)
 
dis_width = 800
dis_height = 600
 
dis = pygame.display.set_mode((dis_width, dis_height))
pygame.display.set_caption('Snake Game by Edureka')
 
clock = pygame.time.Clock()
 
snake_block = 10
snake_speed = 30
 
font_style = pygame.font.SysFont(None, 30)
 
 
def message(msg, color):
    mesg = font_style.render(msg, True, color)
    dis.blit(mesg, [dis_width/3, dis_height/3])
 
 
def gameLoop():  # creating a function
    game_over = False
    game_close = False
 
    x1 = dis_width / 2
    y1 = dis_height / 2
 
    x1_change = 0
    y1_change = 0
 
    foodx = round(random.randrange(0, dis_width - snake_block) / 10.0) * 10.0
    foody = round(random.randrange(0, dis_width - snake_block) / 10.0) * 10.0
 
    while not game_over:
 
        while game_close == True:
            dis.fill(white)
            message("You Lost! Press Q-Quit or C-Play Again", red)
            pygame.display.update()
 
            for event in pygame.event.get():
                if event.type == pygame.KEYDOWN:
                    if event.key == pygame.K_q:
                        game_over = True
                        game_close = False
                    if event.key == pygame.K_c:
                        gameLoop()
 
        for event in pygame.event.get():
            if event.type == pygame.QUIT:
                game_over = True
            if event.type == pygame.KEYDOWN:
                if event.key == pygame.K_LEFT:
                    x1_change = -snake_block
                    y1_change = 0
                elif event.key == pygame.K_RIGHT:
                    x1_change = snake_block
                    y1_change = 0
                elif event.key == pygame.K_UP:
                    y1_change = -snake_block
                    x1_change = 0
                elif event.key == pygame.K_DOWN:
                    y1_change = snake_block
                    x1_change = 0
 
        if x1 >= dis_width or x1 < 0 or y1 >= dis_height or y1 < 0:
            game_close = True
 
        x1 += x1_change
        y1 += y1_change
        dis.fill(white)
        pygame.draw.rect(dis, blue, [foodx, foody, snake_block, snake_block])
        pygame.draw.rect(dis, black, [x1, y1, snake_block, snake_block])
        pygame.display.update()
 
        if x1 == foodx and y1 == foody:
            print("Yummy!!")
        clock.tick(snake_speed)
 
    pygame.quit()
    quit()
 
 
gameLoop()

OUTPUT : 


TERMINAL :


 Menambah panjang ular

Kode berikut akan menambah ukuran ular kita saat memakan makanan. Juga, jika ular bertabrakan dengan tubuhnya sendiri, permainan berakhir dan Anda akan melihat pesan sebagai “You Lost! Press C-Play Again or Q-Quit“. Panjang ular pada dasarnya terdapat dalam daftar dan ukuran awal yang ditentukan dalam kode berikut adalah satu blok.

import pygame
import time
import random
 
pygame.init()
 
white = (255, 255, 255)
yellow = (255, 255, 102)
black = (0, 0, 0)
red = (213, 50, 80)
green = (0, 255, 0)
blue = (50, 153, 213)
 
dis_width = 600
dis_height = 400
 
dis = pygame.display.set_mode((dis_width, dis_height))
pygame.display.set_caption('Snake Game by Edureka')
 
clock = pygame.time.Clock()
 
snake_block = 10
snake_speed = 15
 
font_style = pygame.font.SysFont("bahnschrift", 25)
score_font = pygame.font.SysFont("comicsansms", 35)
 
def our_snake(snake_block, snake_list):
    for x in snake_list:
        pygame.draw.rect(dis, black, [x[0], x[1], snake_block, snake_block])
 
 
def message(msg, color):
    mesg = font_style.render(msg, True, color)
    dis.blit(mesg, [dis_width / 6, dis_height / 3])
 
 
def gameLoop():
    game_over = False
    game_close = False
 
    x1 = dis_width / 2
    y1 = dis_height / 2
 
    x1_change = 0
    y1_change = 0
 
    snake_List = []
    Length_of_snake = 1
 
    foodx = round(random.randrange(0, dis_width - snake_block) / 10.0) * 10.0
    foody = round(random.randrange(0, dis_height - snake_block) / 10.0) * 10.0
 
    while not game_over:
 
        while game_close == True:
            dis.fill(blue)
            message("You Lost! Press C-Play Again or Q-Quit", red)
 
            pygame.display.update()
 
            for event in pygame.event.get():
                if event.type == pygame.KEYDOWN:
                    if event.key == pygame.K_q:
                        game_over = True
                        game_close = False
                    if event.key == pygame.K_c:
                        gameLoop()
 
        for event in pygame.event.get():
            if event.type == pygame.QUIT:
                game_over = True
            if event.type == pygame.KEYDOWN:
                if event.key == pygame.K_LEFT:
                    x1_change = -snake_block
                    y1_change = 0
                elif event.key == pygame.K_RIGHT:
                    x1_change = snake_block
                    y1_change = 0
                elif event.key == pygame.K_UP:
                    y1_change = -snake_block
                    x1_change = 0
                elif event.key == pygame.K_DOWN:
                    y1_change = snake_block
                    x1_change = 0
 
        if x1 >= dis_width or x1 < 0 or y1 >= dis_height or y1 < 0:
            game_close = True
        x1 += x1_change
        y1 += y1_change
        dis.fill(blue)
        pygame.draw.rect(dis, green, [foodx, foody, snake_block, snake_block])
        snake_Head = []
        snake_Head.append(x1)
        snake_Head.append(y1)
        snake_List.append(snake_Head)
        if len(snake_List) > Length_of_snake:
            del snake_List[0]
 
        for x in snake_List[:-1]:
            if x == snake_Head:
                game_close = True
 
        our_snake(snake_block, snake_List)
 
 
        pygame.display.update()
 
        if x1 == foodx and y1 == foody:
            foodx = round(random.randrange(0, dis_width - snake_block) / 10.0) * 10.0
            foody = round(random.randrange(0, dis_height - snake_block) / 10.0) * 10.0
            Length_of_snake += 1
 
        clock.tick(snake_speed)
 
    pygame.quit()
    quit()
 
 
gameLoop()

 

OUTPUT :  



Menambahkan Score

Terakhir tetapi tidak kalah pentingnya, Anda harus menampilkan skor pemain. Untuk melakukan ini, saya telah membuat fungsi baru sebagai “Your_score”. Fungsi ini akan menampilkan panjang ular dikurangi 1 karena itu adalah ukuran awal ular.

import pygame
import time
import random
 
pygame.init()
 
white = (255, 255, 255)
yellow = (255, 255, 102)
black = (0, 0, 0)
red = (213, 50, 80)
green = (0, 255, 0)
blue = (50, 153, 213)
 
dis_width = 600
dis_height = 400
 
dis = pygame.display.set_mode((dis_width, dis_height))
pygame.display.set_caption('Snake Game by Edureka')
 
clock = pygame.time.Clock()
 
snake_block = 10
snake_speed = 15
 
font_style = pygame.font.SysFont("bahnschrift", 25)
score_font = pygame.font.SysFont("comicsansms", 35)
 
 
def Your_score(score):
    value = score_font.render("Your Score: " + str(score), True, yellow)
    dis.blit(value, [0, 0])
 
 
 
def our_snake(snake_block, snake_list):
    for x in snake_list:
        pygame.draw.rect(dis, black, [x[0], x[1], snake_block, snake_block])
 
 
def message(msg, color):
    mesg = font_style.render(msg, True, color)
    dis.blit(mesg, [dis_width / 6, dis_height / 3])
 
 
def gameLoop():
    game_over = False
    game_close = False
 
    x1 = dis_width / 2
    y1 = dis_height / 2
 
    x1_change = 0
    y1_change = 0
 
    snake_List = []
    Length_of_snake = 1
 
    foodx = round(random.randrange(0, dis_width - snake_block) / 10.0) * 10.0
    foody = round(random.randrange(0, dis_height - snake_block) / 10.0) * 10.0
 
    while not game_over:
 
        while game_close == True:
            dis.fill(blue)
            message("You Lost! Press C-Play Again or Q-Quit", red)
            Your_score(Length_of_snake - 1)
            pygame.display.update()
 
            for event in pygame.event.get():
                if event.type == pygame.KEYDOWN:
                    if event.key == pygame.K_q:
                        game_over = True
                        game_close = False
                    if event.key == pygame.K_c:
                        gameLoop()
 
        for event in pygame.event.get():
            if event.type == pygame.QUIT:
                game_over = True
            if event.type == pygame.KEYDOWN:
                if event.key == pygame.K_LEFT:
                    x1_change = -snake_block
                    y1_change = 0
                elif event.key == pygame.K_RIGHT:
                    x1_change = snake_block
                    y1_change = 0
                elif event.key == pygame.K_UP:
                    y1_change = -snake_block
                    x1_change = 0
                elif event.key == pygame.K_DOWN:
                    y1_change = snake_block
                    x1_change = 0
 
        if x1 >= dis_width or x1 < 0 or y1 >= dis_height or y1 < 0:
            game_close = True
        x1 += x1_change
        y1 += y1_change
        dis.fill(blue)
        pygame.draw.rect(dis, green, [foodx, foody, snake_block, snake_block])
        snake_Head = []
        snake_Head.append(x1)
        snake_Head.append(y1)
        snake_List.append(snake_Head)
        if len(snake_List) > Length_of_snake:
            del snake_List[0]
 
        for x in snake_List[:-1]:
            if x == snake_Head:
                game_close = True
 
        our_snake(snake_block, snake_List)
        Your_score(Length_of_snake - 1)
 
        pygame.display.update()
 
        if x1 == foodx and y1 == foody:
            foodx = round(random.randrange(0, dis_width - snake_block) / 10.0) * 10.0
            foody = round(random.randrange(0, dis_height - snake_block) / 10.0) * 10.0
            Length_of_snake += 1
 
        clock.tick(snake_speed)
 
    pygame.quit()
    quit()
 
 
gameLoop()

 

OUTPUT : 



Dengan ini kita telah menyelesaikan sebuah game ular dengan python. Saya harap artikel ini berguna untuk teman - teman yang sedang belajar membuat game. JIka ada hal yang kurang jelas, silahkan tinggalkan komentar.

Cara Membuat Game Ular dengan Python Reviewed by Zidane on December 29, 2022 Rating: 5 Tentu kita pernah memainkan game ular pada saat kecil, mungkin anak-anak 90an pada masanya menggunakan HP nokia ya hehe. Dalam kesempatan ka...

No comments: