Penggunaan Variable Pada Python - Coding Center

728x90 AdSpace

Followers

Trending
Monday, January 2, 2023

Penggunaan Variable Pada Python

 

Masih di dalam pemebelajaran dasar-dasar python. Kali ini kita akan membahas mengenai variable. Jika dari teman-teman ada yang belum membaca tutorial sebelumnya, yaitu cara penulisan hello world pada python sebaiknya kalin baca terlebih dahulu

Python Dasar : Hello World

Variabel adalah lokasi memori yang dicadangkan untuk menyimpan nilai-nilai. Ini berarti bahwa ketika Anda membuat sebuah variabel Anda memesan beberapa ruang di memori. Variabel menyimpan data yang dilakukan selama program dieksekusi, yang nantinya isi dari variabel tersebut dapat diubah oleh operasi - operasi tertentu pada program yang menggunakan variabel.

Variabel dapat menyimpan berbagai macam tipe data. Di dalam pemrograman Python, variabel mempunyai sifat yang dinamis, artinya variabel Python tidak perlu didekralasikan tipe data tertentu dan variabel Python dapat diubah saat program dijalankan.

Penulisan variabel Python sendiri juga memiliki aturan tertentu, yaitu :

  1. Karakter pertama harus berupa huruf atau garis bawah/underscore _
  2. Karakter selanjutnya dapat berupa huruf, garis bawah/underscore _ atau angka
  3. Karakter pada nama variabel bersifat sensitif (case-sensitif). Artinya huruf kecil dan huruf besar dibedakan. Sebagai contoh, variabel namaDepan dan namadepan adalah variabel yang berbeda.
Contoh penulisan variable pada python.

x = 5
y = "John"
print(x)
print(y)

Pada python kita tidak perlu mendefinisikan tipe data dari varible tersebut, berbeda dengan java atau c harus kita definisikan setiap tipe data nya apakah itu string, integer, maupun float.

Contoh berikutnya :

x = 4
x = "Sally"
print(x)


Pada contoh kedua diatas, pertama-tama variable di definisikan nilainya yaitu integer 4 , tapi kemudian di baris kedua nilainya dirubah menjadi string dengan nilai "Sally" maka yang akan di cetak di layar adalah tulisan berupa Sally. 

Casting pada variable

Kenapa data perlu kita casting atau kita definisikan ulang ?

Jawabannya adalah: tidak semua data itu valid dan tidak semua data itu bisa kita oleh sesuai kebutuhan.

Yang pertama, tidak semua data itu valid. Apa maksudnya?

Contoh, kita meminta user untuk menginputkan data usia. User menuliskan angka usianya. Akan tetapi, python justru menganggap data tersebut sebagai string, bukan integer.

Berikut ini adalah contoh casting pada variable.

x = str(3) # nilai x akan menjadi '3'
y = int(3) # niai y akan menjadi 3
z = float(3) # nilai z akan menjadi 3.0


Cek tipe variable

Kita juga dapat melakukan cek variable yang dipakai dengan code seperti berikut ini :

x = 5
y = "John"
print(type(x)) # integer
print(type(y)) # string

Penulisan pada variable string, baik itu petik satu maupun petik dua adalah sama. Contoh :

x = "John"
# Sama dengan 
x = 'John'


Itulah penjelasan singkat tentang variable pada python. Jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar. Pastikan komentar kalian tidak mengandung sara, ataupun rasis. Terimakasih sampai jumpa pada tutorial berikutnya.

Penggunaan Variable Pada Python Reviewed by Zidane on January 02, 2023 Rating: 5   Masih di dalam pemebelajaran dasar-dasar python. Kali ini kita akan membahas mengenai variable. Jika dari teman-teman ada yang belum memba...

No comments: